Wednesday 12 June 2013

PARA SAHABAT NABI MUHAMMAD SAW YANG BUAT DAKWAH DI BARUS SIBOLGA INDONESIA

Nahmaduhu Wanusolli Ala Rasulil Kareem


Kota Barus sudah dikenal dari Zaman Fir'aun yang dijadikan tempat untuk mengambil Kapur Barus yang digunakan untuk membalsemi jenazah para Raja-raja dan menyimpannya didalam Piramid

1. Tahun 4 Hijrah Nabi Muhammad SAW mengutus Wahab bin Abu Kabsah Ke Barus Sibolga dan beliau pulang kembali ke Mekkah. Beliau singgah di Pulau Mursala. Mur artinya Bangsa Arab Sala artinya Shalat atau tempat orang Arab Shalat.

2. Pada masa Khalifah Usman bin Affan tahun 23 H mengutus Syeikh Rukunuddin dan meninggal 48 H pada usia 102 tahun 2 bulan 10 hari. Maqamnya terletak di Bukit Mahligai Desa Aek Dakka Barus

3. Di masa Nabi Muhammad SAW masih hidup, Seikh Mahmud telah buat dakwah ke Barus dan menjadi seorang raja dan Sultan. Berasal dari Hadralmaut Yaman, meninggal 44 H. Maqamnya terletak di Papan Tinggi Desa Pananggahan Barus.

Tambahan Kargozari dari saya ( Mahodum Hasibuan)

Ketika kami sampai dengan jamaah India yang berjumlah 9 orang serta Ustadz Marzuk dari Medan dan Ustadz Abdullah dari Surabaya.

Jam 3 dini hari kami sampai di kota Barus dan kami bermalam di Masjid Raya Barus. Paginya kami berangkat ke Papan Tinggi Maqam Seikh Mahmud.

Jarak dari Masjid Raya ke Maqam Seikh Mahmud sekitar 4 km. Disekitar areal pemakamam sebahagian besar adalah agama Kristen.

Saya dan beberapa jamaah India mencoba menghitung berapa anak tangga sampai ke Maqam Seikh Mahmud dan hasil yang saya dapat serta yang dihitung beberapa jamaah India dan mendapatkan hasil yang sama. Biasanya masyarakat setempat mengatakan setiap orang yang datang kesana hitungan anak tangganya berbeda tetapi kami mendapatkan hasil yang sama yaitu 708 anak tangga.

Panjang maqam tersebut kalau menurut perkiraan saya sekitar 7 meter sampai 8 meter panjang batu nisannya ketika saya berdiri disampingnya perkiraan saya sekitar 1,5 m karena tinggi badan saya sekitar 1,7 m.

Disamping maqam tersebut ada maqam yang lain tetapi ukurannya standart (seperti ukuran kuburan biasa) 5 buah kuburan. Dikabarkan itu adalah maqam keturunan Seikh Mahmud.

Didekat batu nisannya ada sumur kecil yang terbuat dari semen kedalaman tinggi dan lebar sekitar 50 x 50 x 50. Dasar sumur tersebut juga semen. Ketika kami disitu, sumur tersebut diisi oleh air dan menurut perkiraan saya itu air hujan. Dahulunya itu adalah sumur yang airnya sangat jernih dan berapa saja air yang diambil tidak pernah kering dan rasanya seperti air zam-zam. Karena banyaknya orang yang salah niat terhadap sumur tersebut. Makanya ditutup dengan semen.

Hal yang menarik lainnya, katanya banyak orang yang datang ke Maqam tersebut menggantungkan niat. Dengan cara menulis niat kita pada bungkusan kain kafan yang sangat kecil dan diikatkan di ranting pohon yang ada dekat maqam. Biasanya hajat kita akan terpenuhi. Sewaktu kami disana Alhamdulillah satu pun tidak ada yang tergantung diatas pohon.

Tantangan pertama melewati anak tanggal 708 dan tantangan kedua menurut saya adalah membaca tulisan yang ada dibatu nisan tersebut yang berbahasa Arab dan tulisannya sudah agak kabur karena sudah termakan zaman.

Dibatu Nisan tersebut bertuliskan bahasa Arab. Jadi saya akan mencoba menuliskan artinya :

Bagian A
1. Segala sesuatu akan binasa kecuali Allah (Al Qur'an, 28, 88)
2. Yang amat mulia, x x x, agama yang baik
3. Seru Sekalian alam yang maha tinggi
4. Seihk Mahmud
5. Semoga Allah mensucikan jiwanya
6. Yang dikenang dalam
7. Tidur ? Nugan
8. Ma'dari ? x x x

Bagian B
1. Dunia adalah ketenangan hatimu, kami harus pergi dalam kehidupan yang nyaman, dari orang tidak ada saat yang tinggal
2. Makam ini hingga tahun 829 H/1425-6 M
3. Kemudian ? Pemilik Makam dalam mimpi
4. x x x, Nugan Ma'dari
5. x x x, Diungkapkan sendiri
6. Makam ini adalah makam Seikh Mahmud
7. Dari setiap hari keajaiban
8. Timbul bagi yang minta pertolongan

Bagian C
1. Tiada Tuhan selain Allah Muhammad Rasul Allah
2. Nabi SAW bersabda
3. Orang-orang mukmin
4. Tidak meninggal
5. Tetapi mereka pindah
6. Dari suatu tempat ketempat yang lain
7. Nabi bersabda
8. Semoga Allah memberikan rahmat dan keselamatan padanya
9. Orang yang beriman hidup di
10. Kedua tempat

Ket : Tanda silang tulisannya tidak bisa dibaca

Waktu Ziarah di Maqam Seikh Mahmud, saya membaca suarat Yaasiin dan berdoa "Supaya dihantar kepenghujung-penhujung dunia untuk buat dakwah dan diturunkannya hidayah di seluruh alam".

4. Ada 44 makam Aulia Allah di Barus, termasuk salah satunya Seikh Makhdum. Pembahasan ini agak menarik menurut saya. Makhdum asal katanya "mahdum" yang berarti "dilayani dengan setia" bisa juga berarti "seikh orang sufi" ataupun "penuntun rohani". Maqam Seikh Makhdum terletak di Bukit Patupangan Barus

Sewaktu saya masih kecil ompung saya bercerita saya adalah keturunan seikh Makhdum. Makanya ompung saya memberikan saya nama Mahodum Hasibuan. Arti kata Mahodum sudah kita bahas sebelumnya dan Hasibuan adalah salah satu marga yang ada di Mandailing Sumut.

Dimaqam Seikh Makhdum dituliskan kalimat "Tiada Tuhan selain Allah Muhammad Rasul Allah" sebanyak 43 kali

Waktu saya ziarah kemaqam Seikh Makhdum karena waktunya singkat hanya membaca Al Faatihah dan berdoa semoga diberi keilmuan dan femahaman rohani seperti beliau.

Karkuzari [laporan] dari seorang sahabat...:)


Ket gambar : Gambar tersebut adalah gambar Maqam Seikh Mahmud Papan Tinggi Barus Sumut.



Manusia terus menerus memfitnah usaha ini dengan mengeluarkan berbagai fatwa dan pendapat yang entah dari mana pun tak tahu, terus menghasut diriku dengan berbagai hasutan...Tapi ternyata jika Allah Taala hendak beri kebaikan dan keburukan pada seseorang, maka tiada satu kerajaan dalam dunia ini dapat menghalangnya...Hebatnya Allah Taala...

~ Ya Allah, tetapkan aku dalam usaha ini, syahid kan aku di hujung hujung dunia atas maksud agama , dan kau pilihlah anak isteri dan seluruh keturunanku dalam usaha ini ~

2 comments:

  1. Jazakumullah.

    ReplyDelete
  2. fikrul anbiya mansaSun Mar 06, 10:46:00 pm

    Mursala artinya adalah org yang diutus coba ente tasrif . arsala yursilu irsalan wamursalan makanya mursala.
    Coba antum lihat bahkan nama satu desa ada namanya desa fansur artinya apa, yaitu maka tolonglah. Sedangkan unsur artinya tolonglah, maka dikasih fa jawab makanya fansur jadi artinya maka tolonglah. Tidak usah jauh jauh pembahasan kita banyak nama suatu daerah memang ada asal katany. . jadi maksud mursala disana apa? Yaitu para sahabat diutus untuk mendakwahkan agama agar kenal kpd ALLAH, maksud fansur apa? Yaitu menolong umat agar bagaimana mereka selamat dunia akhirat. . . coba asal kata danau toba dari apa, , ,toba asal kata disana adalah toyib, maksudny danau ya bagus, ,anda tau dengan nama daerah porsea? ? ? Asal katanya adalah persia bukan porsea . . knapa? Dulu yang bawa agama islam ksana adalah orang persia. . cuma skrg islam dsana minoritas krna belanda menjajah selama 350 tahun diindonesia bahkan tapanuli utara humbang samosir mayoritas non krna dsana trmasuk pusat orang belanda. . .jadi bila antum buat artikel coba yg lebih teliti lagi. . is my tabligh

    ReplyDelete

aku hargai sape yang komen...haha